Nasehat Orang Bijak

 

Beranikah Anda mengubah sejarah hidup menjadi  lebih baik? Coba,turutilah beberapa petuah dan nasehat orang-orang bijak berikut ini:
Pertama, awalilah aktifitas hidup Anda dengan membaca buku-buku atau artikel-artikel motivasi atau kisah sukses orang-orang yang Anda kagumi.
Kedua,dengarkan kaset-kaset atau siaran motivasi dari para penyiar dan motivator dengan harapan agar Anda terinsfirasi dan termotivasi.


Ketiga, tontonlah film-film bagus yang bisa memberi insfirasi dan motivasi.

Keempat, Anda disarankan untuk bergaul dengan orang-orang yang berpikir positif. Karena pepatah bijak mengatakan, "Bird with the same feather are flock together"(burung sejenis akan terbang dengan sejenisnya pula).Pepatah bijak lain yang diadopsi dari hadits Nabi saw mengatakan,"Bergaulah dengan tukang minyak wangi,dan jangan sekali-kali bergaul dengan tukang pandai besi"(terjemahan bebasnya kira-kira demikian: jika kita bergaul dengan tukang minyak wangi kita akan terbawa harum,sementara kalau kita bergaul dengan tukang pandai besi kita akan terkena cipratannya). Dalam hadits lain Nabi saw,mengatakan bahwa," Siapa teman Anda, menunjukkan siapa diri Anda". Jadi, orang-orang sukses berteman dengan orang-orang sukses, dan orang gagal berteman dengan orang yang gagal. Sekelompok orang yang berteman biasanya memiliki pola pikir yang mirip atau hampir sama karena akan saling memengaruhi satu sama lain, seperti kata pepatah kuno ,"Siapa yang berjalan bersama dengan orang bijak, maka ia juga akan menjadi bijak."

Kelima adalah berdo'a. Di saat Anda merasa tidak mampu, satu-satunya harapan adalah bersandar pada kekuatan Tuhan Semesta alam, Tuhan Yang Maha Ajaib, yang mampu melakukan segala perkara termasuk segala hal yang ada di luar kemampuan pikiran manusia. Tiada yang mustahil bagi Tuhan. Kalau bantuan Allah datang, siapakah yang bisa membuat usaha Anda gagal? Ingat, sukses adalah milik kita semua. Semua orang bisa sukses menggapai cita-citanya asal memiliki komitmen yang kuat. Sukses tidak akan tercapai jika kita lemah tidak mau berusaha dengan gigih.Sukses pun berawal dari sebuah keputusan yang tepat,bekerja lebih giat,memiliki agenda hidup yang teratur dan terencana, serta tidak menyia-nyiakan waktu dengan melakukan sesuatu yang sia-sia dan hal yang tidak bermanfaat.(Lili Guntur)***
 

Penulis adalah penyiar radio
Tinggal di:
Komplek Bumi Parahyangan Kencana Blok B10 No.33
Jln.Ciluncat Nagrak,Cangkuang Kab.Bandung 40377 Contac person 081 221 075 479

Tidak ada komentar: