Planet Bermatahari Empat


Planet  Bermatahari   Empat

PARA  astronom  berhasil  menemukan  satu  planet  tak  lazim  yang  mereka  namai  dengan  inisial  ph1. Disebut  tak  lazim  karena  inilah  planet  pertama  yang  diketahui  memiliki  empat  bintang. Planet  unik  ini  mengitari sepasang  bintang  yang  saling  mengorbit  satu  sama  lain, kemudian  diorbiti  sepasang  bintang  lainnya. Ini  membuat PH1  memiliki  dua  bintang  yang  lebih  banyak  ketimbang  Tatooine,  yaitu  planet  fiksi  yang  ada  pada  cerita fiksi  epos  ruang  angkasa,  Star  Wars.  Tanda-tanda  adanya  PH1  pertama  kali    dijejaki  oleh  para  relawan melalui planethunters, orang yang membuat para ilmuwan independen mengkaji data dari teleskop NASA. 


Para astronom lalu menindaklanjuti lewat observasi-observasi dari teleskop keck di Mauna Kea, Hawai yang menginformasikan planet PH1 ini diyakini sebagai satu gas raksasa yang jari-jarinya enam kali lebih besar dibandingkan dengan planet bumi yang membuatnya berukuran lebih besar dibandingkan dengan planet Neptunus Planet ini mengorbit sepasang bintang yang satunya lebih besar bila dibandingkan dengan pusat tata surya kita yaitu matahari dan yang satunya lagi lebih kecil setiap 138 hari
.

Dan jauh diluarnya pada jarak 100 miliar kilometer, sekitar 1000 kali jarak bumi & matahari, sepasang bintang kedua mengorbiti sepasang bintang pertama. Sistem empat bintang seperti ini tidaklah aneh, tetapi inilah pertamakalinya para astronom menemukan ada planet pada sistem bintang seperti ini. “ penemuan seperti ini memaksa kami mundur kembali kemeja penelitian untuk memahami bagaimana planet-planet seperti ini bisa tercipta dan hidup dalam lingkungan yang secara dinamis menantang ini “ Ujar meg Schwamb dari universitas Yale.  Schwamb meminpin riset yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan Divisi Ilmu Planet pada masyarakat Astronomi Amerika di Reno, Nevada.

Tidak ada komentar: