KIAT SUKSES MENGGAPAI IMPIAN


KIAT SUKSES MENGGAPAI IMPIAN

Oleh Lili Guntur


Sejarah telah membuktikan, bahwa setiap kemajuan besar dalam peradaban manusia selalu dimulai dengan adanya orang yang berani membuat impian atau cita-cita, yang mungkin pada awalnya impian itu hanya berupa khayalan. Tetapi, hasrat yang kuat untuk mewujudkannya telah membuat khayalan itu menjadi impian, yang akhirnya menjadi kenyataan(Victor Asih,Langkah Ajaib Menuju ke Langit,2008).

Bagaimana caranya untuk mewujudkan impian atau cita-cita?Menurut dia, yaitu dengan cara membayangkan diri Anda sedang berada di masa depan, sambil menjawab beberapa pertanyaan,seperti: Apa yang bisa membuat Anda bahagia? Apa yang paling ingin Anda lakukan? Anda ingin menjadi apa?Apa yang paling ingin Anda lihat? Apa yang sangat ingin Anda miliki? Kemana saja Anda ingin pergi? Apa saja yang ingin Anda bagikan kepada orang lain?

Victor menegaskan,untuk menjawab pertanyaan – pertanyaan tersebut, jawabannya adalah “impian” Anda. Pastikanlah bahwa apa yang sungguh Anda kehendaki ( Anda inginkan) dalam hidup Anda menjadi hal yang menimbulkan kegairahan(passion) untuk mencapainya. Kembangkanlah kegairahan itu sedemikian rupa sehingga Anda termotivasi untuk berani berjuang mencapainya, walaupun seribu rintangan menghadang.

Dalam pandangan penulis buku Langkah Ajaib Menuju Langit ini ,banyak manusia dilahirkan untuk menjadi penemu terhebat, pemimpin terhebat, politikus terhebat, pengusaha terhebat, atlet terhebat, motivator terhebat, penulis terhabat, artis terhebat, guru terhebat, dan banyak profesi terhebat lainnya, namun sampai akhir hidupnya biasa-biasa saja dan tidak di kenal orang lain. Mengapa terjadi demikian? Jawabannya,kata dia, karena mereka kebanyakan tidak berani bermimpi, yang sesungguhnya merupakan langkah awal untuk dapat menjadi apapun yang “terhebat”.

Apakah Anda berani mengubah sejarah hidup Anda menjadi lebih baik? Maka beranilah membuat impian atau cita-cita, walaupun impian atau cita-cita Anda dianggap mustahil. Namun buktikan,jadilah Anda pemenang dalam kehidupan Anda, bukan pecundang(you are winner, not looser),tegas Bung Victor.

Hal tersebut terjadi ketika banyak orang takut kecewa atau merasa “ minder” untuk membuat impian yang besar karena merasa dirinya memiliki berbagai keterbatasan  dibandingkan orang lain. Mereka merasa diikuti oleh berbagai “monster” yang sebenarnya buah pikiran mereka sendiri. “Monster” itu bisa berupa kecemasan, takut gagal, takut kecewa, takut diejek, takut dikritik, keterbatasan fisik, pendidikan yang rendah, kemiskinan, kebodohan, dan situasi buruk lainnya disekitar mereka yang seolah-olah membayang-bayangi setiap impian mereka. Padahak menurut Franklin D. Roosevelt, “Satu-satunya yang harus kita takuti adalah ketakutan.” Sementara Napoleon Hill mengatakan, “Apa yang Anda pikirkan dan percaya, pasti akan Anda dapatkan.  Kalau Anda pikir bahwa  Anda BISA, maka Anda pasti BISA, sekacau apapun kondisi Anda saat ini.”

Saya sendiri mempunyai pandangan, dalam menjalani karir atau prosesi apapun, jika ingin meraih kesuksesan kuncinya adalah; yang pertama kondisi badan harus sehat. Karena sehat merupakan modal utama dalam kehidupan. Dengan sehat kita akan lebih leluasa bergerak melakukan berbagai aktifitas pekerjaan. Hal ini sesuai dengan motto klasik,mans sana in corpore sano(didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat).

Kedua,kunci untuk menggapai kesuksesan adalah silaturahim alias Anjangsono(Sunda). Islam pun menganjurkan agar kita banyak-banyaklah menyambung tali silaturahim supaya bertambah rijki-nya dan panjang usianya. Al-Quran menegaskan, kalau kita ingin bahagia(masuk sorga) janganlah memutuskan tali silaturahmi(laayad khulul jannata qooti’urrokhim).Dengan kata lain kita meski banyak menjalin hubungan antar sesama. Bergaul luas dengan berbagai kalangan. Memliki teman seribu orang serasa masih kurang,tetapi memiliki musuh satu orang dunia terasa sempit. Maka dengan banyak berteman dan bergaul dengan berbagai kalangan kita akan lebih banyak memperoleh informasi, banyak  pengalaman,dan luas wawasan.

Ketiga, kunci sukses menggapai impian yaitu focus menjalani profesi. Menekuni profesi jangan setengah-setangah, namun melaksanakannya dengan penuh totalitas diri. Setia kepada profesi merupakan  salah satu kiat sukses dalam menggapai impian atau cita-cita.

Keempat, jujur. Yang namanya jujur pada mulanya terasa pahit, namun akhirnya terasa manis. Seseorang yang memiliki sifat jujur dijamin hidupnya bakal senang, penuh dengan ketenangan dan banyak dipercaya orang.

Kelima, kunci untuk menggapai kesuksesan adalah do’a. Karena do’a merupakan senjata konta (jurus ampuh) manakala semua uapaya lahiriah mengalami kemandeggan. Yang pada akhirnya kita memilih jalur spiritual(rohaniah) dalam menggapai impian tersebut. Kita harus menyadari bahwasanya semua kekuatan milik Allah(annal kuwwata illalloh). Tidak ada daya dan kehendak melainkan atas ijin Allah(biiidz nillah). Manusia hanya bisa berencana sementara Allah jua-lah Yang Maha Memberi, Allah Yang Maha Mengabulkan.***

*Penulis adalah Penyiar Radio,tinggal di Komplek Bumi Parahyangan Kencana Blok B10 No.33 Jln.Ciluncat,Desa Nagrak,Kecamatan Cangkuang,Kab.Bandung 40377 Contac Person 081221075479 Rek BRI Cab.Soreang N0.0544-01-008349-50-9 a/n Hamidah

Tidak ada komentar: